some text
Berita KONI Depok

7 Atlet Kota Depok Masuk di Pelatda Jabar

7 Atlet Kota Depok Masuk di Pelatda Jabar
Ketua KONI Kota Depok beserta para Atlet Pelatda PON Papua dalam acara Pengukuhan Atlet Pelatda PON di Gedung Sate Rabu,(14/08/19) Bandung Jawa barat.

KONI Kota Depok – Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil Rabu pagi memimpin Apel Besar Kontingen Jabar untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX/2020 Papua di halaman Gedung Sate, Kota Bandung, (14/8/19). Pepeling pun ditegaskan gubernur sambil menancapkan Kujang (senjata khas Jabar) ke pelepah pohon pisang.

“Insyaallah dengan tekad dan niat yang kuat, Jabar Juara, Jabar Kudu Menang,” ucap Ridwan Kamil yang ditemani Ketua Umum KONI Jabar Ahmad Saefudin dalam prosesi pepeling.

Sebanyak 1.446 atlet kebanggaan Jabar yang mengikuti apel besar pun bertekad untuk siap mengikuti pelatihan daerah (pelatda) sebagai ajang persiapan untuk berlaga di PON –pesta olahraga terbesar di Indonesia.

Kepada para atlet, pelatih, hingga pengurus cabang olahraga (cabor), Emil –sapaan akrab Ridwan Kamil– menitipkan empat pesan yakni pertama, atlet harus mempunyai fisik yang kuat.

“Kedua, selain fisik, masyarakat Jawa Barat punya kecerdasan luara biasa. Maka memenangkan kompetisi bukan hanya dengan keringat tapi juga taktik, dan ilmu pengetahuan (sport science),” tambah Emil.

Ketiga, terkait emotional quotient alias EQ, Emil meminta para atlet dan official agar bersikap ramah dan santun saat berada di Papua.

 “Jadi nanti kalau di Papua senyum, sapa, ramah, sehingga citra Jawa Barat yang ramah tidak hanya di kampungnya, tapi juga ketika menjadi tamu pun selalu ramah, saat bertanding juga. Jangan merasa sombong, takabur,” kata Emil.

“Pesan keempat, spiritual quotient. Jangan lupa berdoa. Manusia berusaha dan berdoa, tapi tetap Tuhan yang menentukan,” ujarnya.

Para atlet pelatda foto bersama Gubernur Jawa barat Ridwan Kamil setelah acara pengukuhan atlet Pelatda Jabar

Untuk PON 2020 Papua, Kontingen Jabar mengikuti semua cabor dari 63 cabor yang dipertandingkan dengan 768 medali emas. Emil pun optimis para atlet bisa menjadi juara umum di PON edisi ke-20 sesuai dengan slogan Jabar Juara dengan target 165 emas.

Sebelumnya, Jabar sukses menjadi juara umum PON 2016 saat berstatus tuan rumah dengan perolehan 217 emas, 154 perak, dan 158 perunggu dengan total 529 medali. Emil pun berharap tren positif tersebut berlanjut hingga edisi berikutnya. “Insyaallah PON 2020 juara umum, 2024 juara umum juga, dan seterusnya juara umum,” seru Emil.

Soal dana operasional untuk para atlet dan official, Emil memastikan dana sudah cair untuk PON 2020. “Saya pastikan dana untuk Anda (atlet dan official) semua untuk PON 2020 sudah cair,” ujarnya.

Menurut Ketua Umum Koni Jabar Ahmad Saefufin, apel ini sengaja digelar sebagai wujud tekad para atlet dan official Jabar untuk menjadi juara umum pada PON 2020 di Papua.

“Selain kita membulatkan tekad untuk mempertahankan (juara umum), kita juga ingin mendapatkan perhatian dan dukungan yang penuh dari bapak gubernur sebagai bapak kita semua. Sehingga kita nanti di Papua lancar, aman, dan tetap menjadi juara umum,” kata Ahmad.

Dari 1.446 atlet yang ada, kata Ahmad, nantinya akan dilakukan proses seleksi sehingga atlet yang berlaga di Papua adalah atlet yang diunggulkan untuk mendapatkan medali.

“Yang akan kita bawa ke papua adalah atlet-atlet yang sangat betul-betul diukur untuk mendapatkan medali,” ujar Ahmad.

Untuk Atlet Depok ada 7 atlet yang turut serta berkontribusi dalam program pelatda PON diantaranya ada Cabor Biliar, Taekwondo, Pentaque dan Kempo diharapkan dengan program pelatda jabar para atlet Kota Depok dapat menimba Ilmu yang lebih baik, sehingga kompetensi atlet dapat terus ditingkatkan.

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita KONI Depok

More in Berita KONI Depok

Rudiansyah Atlet Dayung Kota Depok Borong 3 Emas 2 Perak Pada PON XX Papua 2021

admin15 October 2021

Sabtu Besok Perbakin Kota Depok Adakan Seleksi Menembak

admin7 October 2021

Atlet Cricket Kota Depok Tambah Satu Peruggu Lagi di Nomor 6’s Putra

admin5 October 2021

Futsal Jabar Berhasil Meraih Medali Perak Pada PON XX Papua

admin5 October 2021

Adam Yazid Taekwondoin Kota Depok Sumbang Emas Untuk Jawa Barat Pada PON XX Papua

admin4 October 2021

Rian Atlet Muaythai Kota Depok Sumbang Perak Untuk Jawa Barat Pada PON XX Papua

admin3 October 2021

Bidang Organisasi KONI Kota Depok Selenggarakan Diskusi Olahraga Depok 2021

admin2 October 2021

Rian Melaju ke Babak Final Muaythai kelas 67 Kg PON XX/Papua

admin30 September 2021

Atlet Cricket Putra dan Putri Kota Depok Sumbang Medali Perunggu Untuk Jawa Barat Pada PON XX Papua

admin29 September 2021

Copyright © 2014 KONI Kota Depok.