some text
Berita KONI Depok

Ratusan Atlet Ikut Ramaikan Lomba Perahu Naga pada Festival Citarum Harum

Ratusan Atlet Ikut Ramaikan Lomba Perahu Naga pada Festival Citarum Harum

koni MERAHKONI Kota Depok – Sebanyak 312 atlet yang berasal dari 10 pengurus cabang Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesi (PODSI) Kota/Kabupaten di Jawa Barat ikut serta dalam lomba perahu naga yang menjadi bagian dari acara Festival Citarum Harum di aliran sungai Citarum, Bojongsoang, Kabupaten Bandung. Pada Festival Citarum Harum yang digelar sejak Jumat (13/4/2018) hingga Minggu (15/4/2018) sendiri akan digelar berbagai kegiatan mulai dari lomba Perahu Naga, Susur Citarum, serta eksebisi kayak dan kano.

Ketua Pelaksana Festival Citarum Harum, Ari Yosa menuturkan, kegiatan ini merupakan festival dayung yang pertama kali dilaksanakan di aliran sungai Citatum. Kegiatan yang diinisiasi PODSI Jabar beserta KONI Jabar ini, menjadi salah satu dukungan serta pasrtisipasi yang dipersembahkan untuk mendukung program Citarum Harum sehingga bisa go internasional melalui bidang olahraga.

“Kita pun sengaja menggelar kegiatan ini di aliran sungai Citarum di Bojongsoang, Kabupaten Bandung karena di lokasi inilah yang pertama kali viral menjadi tempat pembuangan sampah ke sungai terpanjang didunia ini,” ujar Ari saat ditemui di sela-sela acara, Sabtu (14/4/2018).

Saat ini, lanjut Ari, kondisi aliran sungai Citarum di kawasan Bojongsoang ini sudah berangsur-angsur pulih dan jauh berbeda dari kondisi sebelumnya. Dengan diadakannya Festival Citarum Harum dengan berbagai kegiatannya, diharapkan semakin menambah semangat dari masyarakat maupun satgas Citarum dalam menjaga serta memulihkan ekosistem di sepanjang aliran sungai Citarum.

“Pada kejuaraan Perahu Naga ini, aspek prestasi bukan menjadi tujuan utama. Sehingga saat manager meeting kita menyampaikan jika kejuaraan ini bukan kompetisi murni tetapi untuk memeriahkan Festival Citarum Harum. Untuk itu ada beberapa peraturan yang kita sepakati bersama, diantaranya terkait arus air serta masalah airnya. Kalau mengacu pada aturan sih belum sesuai,” terangnya.

Pihaknya pun berharap, kegiatan ini bisa terus berlanjut dan menjadi sebuah kegiatan tahunan yang digelar di aliran sungai Citarum. Dengan demikian, kondisi di sepanjang sungai Citarum semakin terjaga dan bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Jabar.

“Kalau ini sukses mungkin akan terus berlanjut dan sekarang masih tingkat Jabar saja yang ikut. Semoga kedepan bisa jadi even tahunan dengan level tingkat nasional atau bahkan dunia seperti di beberapa perlombaan dayung di sungai di beberapa negara,” tambahnya.

Sementara untuk perlombaan Susur Citarum dengan menggunakan perahu karet, mendapat animo yang luar biasa dari masyarakat umum serta pecinta lingkungan. Hingga saat ini, beberapa kelompok masyarakat dan pecinta lingkungan masih terus berdatangan untuk ikut berpartisipasi.

“Kita sangat berkesan dengan animo masyarakat yang sangat luar biasa. Tidak hanya sebagai penonton tapi juga mengikuti lomba susur sungai menggunakan perahu karet. Tidak menutup kemungkinan kalau kedepan kami akan cari bibit-bibit atlet dayung dari kegiatan yang memperebutkan Piala Pangdam III/Siliwangi dan Piala KONI Jabar ini,” pungkansya.

 

Sumber: https://fokusjabar.co.id/2018/04/14/ratusan-atlet-ikut-ramaikan-lomba-perahu-naga-pada-festival-citarum-harum/

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita KONI Depok

More in Berita KONI Depok

Pemkot Depok Berikan Penghargaan Imbal Prestasi Kepada Atlet Asal Kota Depok Peraih Medali Pada PON XX & PEPARNAS XVI

Dendy Herdianto14 April 2022

Koni & Disporyata Diskusi Bareng Sekber Wartawan

Tray24 March 2022

Ketua KONI Kota Depok Hadiri Pembukaan PORPEMKOT

Tray22 March 2022

Tim Kota Depok 3 meraih juara 3 pada event Beregu Open Petanque se-Jawa Barat

Lutfia Dzulfani15 March 2022

Tim Petanque Kota Depok Ikuti Kejuaraan ‘Double Open Fun Petanque Savana Beach Pangandaran’

Lutfia Dzulfani20 January 2022

Raih Kemenangan Basket Putri Kota Depok Melaju ke PORPOV Jawa Barat

Faiq Al Farobi17 January 2022

PORSEROSI adakan Ujian Level Satu Pemula Depok Roller Skate

Dendy Herdianto16 January 2022

Pelatihan Cabang Olahraga Ice Skating

Dendy Herdianto12 January 2022

Musyawarah Cabang (MUSCAB) Porserosi Depok: Terpilih Ketua Baru Bapak Hery Hengki Irawan

Dendy Herdianto8 January 2022

Copyright © 2014 KONI Kota Depok.