some text
Berita KONI Depok

40 Negara Unjuk Kebolehan di Biathle Triathle World Championship

40 Negara Unjuk Kebolehan di Biathle Triathle World Championship
Print Friendly, PDF & Email

40 negara bakal unjuk kebolehan pada ajang UIPM Biathle/Triathle World Championships 2023 yang berlangsung di Nusa Dua, Bali. Event yang digelar hingga Minggu (05/11/23) ini merupakan kejuaraan dunia pertama yang dilangsungkan di Indonesia dan Asia untuk Modern Pentathlon Indonesia.

Ketua Pengurus Pusat Modern Pentathlon Indonesia (PP MPI), Anthony Charles Sunarjo, menjelaskan bahwa Bali dipilih sebagai tempat penyelenggaraan karena memiliki daya tarik luar biasa. “Kami memilih kejuaraan ini dilaksanakan di Bali karena Bali memiliki daya tarik luar biasa. Saat kami ajukan bidding ke UIP Triathle/Union Internationale de Pentathlon Modern dengan mengajukan Bali sebagai tempat acara, mereka langsung setuju,” katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (3/11/23).

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Raja Sapta Oktohari menyatakan kegembiraannya atas kesuksesan penyelenggaraan event bergengsi di Indonesia. Ia menekankan betapa pentingnya kesempatan bagi para atlet Indonesia untuk berkompetisi di tingkat dunia, terutama di negara sendiri.

“Event ini sangat bagus bagi para atlet untuk dapat bertanding di kelas dunia di negara sendiri. Hal itu dapat meningkatkan kesempatan Indonesia untuk berbicara lebih banyak di panggung Olimpiade Internasional,” ujarnya.

Lebih lanjut, Raja menegaskan tekadnya untuk menjadikan Indonesia sebagai bagian yang aktif dalam gerakan Olimpiade secara global. Dengan Indonesia sebagai tuan rumah event tersebut untuk pertama kalinya, ia berharap bahwa ini bukanlah yang terakhir kalinya Indonesia menyelenggarakan ajang olahraga internasional sekelas ini.

“Saya berharap agar ke depannya semakin banyak orang Indonesia yang terlibat langsung dalam kompetisi regional, kontinental, maupun dunia,” tegasnya.

Dalam acara yang berlangsung selama lima hari itu, terdapat partisipasi atlet Biathle dan Triathle dari rentang usia 9 hingga 70 tahun, termasuk atlet para dengan disabilitas. Biathle melibatkan lari-renang-lari secara berkelanjutan. Sementara Triathle menambahkan elemen Menembak Laser ke format Biathle.

Dalam kategori Biathle, atlet Indonesia, Muhammad Farhan, berhasil meraih medali perak. Sementara itu, dalam kategori Triathle, atlet Indonesia, Adelia Aulia, berhasil meraih medali perunggu.

General Manager The Nusa Dua, IGN Ardita, menyatakan bahwa terpilihnya Nusa Dua sebagai tempat penyelenggara tidak hanya memperkuat eksistensi Nusa Dua sebagai destinasi pariwisata utama, tetapi juga memberikan dampak positif bagi promosi destinasi sport tourism di kawasan tersebut.

“Terpilihnya Bali, terutama Nusa Dua, sebagai tuan rumah event olahraga berskala dunia tentu memberikan dampak secara tidak langsung bagi perkembangan pariwisata di Nusa Dua. Ini menjadi suatu media promosi destinasi sport tourism yang menjadi daya tarik dan kesiapan Nusa Dua sebagai tempat penyelenggaraan event berskala internasional,” jelasnya.

Berlangsungnya ajang bergengsi ini menjadi bukti komitmen Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2036. Hal ini sejalan dengan imbauan dari Presiden RI, Joko Widodo, yang telah menyatakan bahwa Indonesia siap menjadi tuan rumah Olimpiade.**

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita KONI Depok

More in Berita KONI Depok

Atlet Muda Depok Sabet Medali Emas di Kejurnas Panahan Batam

admin12 July 2024

Puncak FISIP UI OPEN 2024: Ketua Umum KONI Depok Beri Penghargaan

admin28 June 2024

Depok Siap Jadi Tuan Rumah Porprov, KONI Jabar Lakukan Kunjungan dan Koordinasi

admin13 June 2024

Optimis Raih 3 Besar, Percasi Raih Berbagai Prestasi Menuju Kejurda 2024

admin6 May 2024

SAH! Silem Serang Terpilih sebagai Ketua Pertina Kota Depok

admin15 January 2024

Rapat Kerja KONI Kota Depok 2023: Kolaborasi dan Komitmen Tingkatkan Prestasi

admin24 November 2023

Tingkatkan Performa Atlet, Koni Gelar Workshop Pelatih Fisik

Tray16 September 2023

Usaha Tidak Menghianati Hasil

Tray23 August 2023

Liga Sepakbola Remaja FSSKD U14 dan U16 Resmi di Tutup

Tray29 July 2023

Copyright © 2014 KONI Kota Depok.