some text
Berita KONI Depok

Sejarah Dari Permainan Gateball

Sejarah Dari Permainan Gateball

PergatsiKONI Kota Depok Porda XIII Jabar 2018 – Gateball merupakan permainan di segala umur yang bisa dimainkan bersama kakek, nenek, anak, cucu dalam suatu permainan yang menggembirakan.

Permainan yang berasal dari Hokaido Jepang ini sebenarnya di rancang oleh penciptanya sebagai permainan anak-anak kurang mampu yang tidak memerlukan dana besar dan bisa dilakukan dilahan yang tidak terlalu luas dengan pemain yang banyak.

Upaya ini menjadi program besar karena keinginan untuk memberikan pembelajaran kepada anak-anak dunia yang sampai saat ini telah dimainkan oleh lebih 40 negara di dunia.

Beberapa tahun lalu Indonesia menjadi anggota baru Gateball dunia kalau tidak salah menjadi anggota ke 14 lewat keanggotaan yang berada di bali dan kini gateball telah membumi di nusantara.

Pada porda 13 Jabar Gateball juga dipertandingkan, yang juga menarik perhatian, bila dikaji tanpa sengaja bermain gateball juga akan memberi efek normal bagi seseorang yang mulai sering sakit pinggang.

Di Hiroshima Jepang seperti yang penulis saksikan 24 tahun lalu olah raga ini dimainkan oleh kakek nenek yang berusia diatas 70 tahun.

WhatsApp Image 2018-10-13 at 07.49.36Mereka bermain di taman-taman yang tersebar di seluruh kota, saat penulis mengambil gambar untuk berita mereka gembira dan menanyakan asal penulis, ketika panulis menjawab dengan bahasa khas suku jawa indonesia beliau serta merta bertanya dengan bahasa jawa lho kok bisa.

Ternyata kakek ini mayoritas pensiunan tentara dan pegawai pabrik gula di sekitar Banyuwangi Jawa Timur dan Madiun, karena bahagiannya maka penulis mendapat hadiah satu set peralatan Gateball yang tersimpan lebih 24 tahun.

Kembali ke perhelatan Porda XII Jawa Barat sampai dengan hari ini cabang Gateball sudah mengkoleksi 2 medali emas 1 perunggu dari cabang Gateball Kontingen Kota Depok.

Ayo sama-sama semua masyarakat kota Depok kita dukung keberhasilan atletnya dari cabang Gateball untuk meraih medali emas lagi untuk nomor double putra dari cabang gateball. semoga berhasil amin.

Kode Penulis

View Comments (1)

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita KONI Depok

More in Berita KONI Depok

Depok Jadi Tuan Rumah BK Bola Voli PORPROV XIV Jawa Barat

Tray24 March 2021

Amri Titip 2 Emas, Calon Ketua Percasi 3 Emas

Tray28 December 2020

Peringkat 10 Besar Jadi Komitmen Bersama di Rapat Anggota KONI Kota Depok

Tray19 December 2020

Ketua Umum KONI Kota Depok Menghadiri Muscab PCI Kota Depok

admin17 October 2020

HUT Tentara Nasional Indonesia ke 75

admin5 October 2020

Selamat Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020

admin1 October 2020

Pengukuhan Atlet & Pelatih Paket 22

Tray11 September 2020

Adaptasi Kebiasaan Baru PTMSI Silaturahmi Atlet Perprov dan Pecinta Tenis Meja

Tray29 August 2020

KONI Kota Depok Tutup Fasilitas Olahraga

admin26 March 2020

Copyright © 2014 KONI Kota Depok.