some text
Berita KONI Depok

Karateka SMA Rebut Lima Medali di Kejuaraan Karate Dunia

Karateka SMA Rebut Lima Medali di Kejuaraan Karate Dunia
Print Friendly, PDF & Email

karateka-sma-rebut-lima-medali-di-kejuaraan-karate-dunia-0V3KONI Kota Depok (TANGERANG) – Karateka SMA berhasil menempatkan Indonesia di posisi keempat kejuaraan dunia karate di Belgia. Total ada lima medali yang dipersembahkan karateka berbakat yang berlaga di 2nd Open International De La Province De Liege 2017.

Muhammad Zidan Bagaskara dari SMAN 70 Jakarta mempersembahkan emas di kelas Kata perorangan. Lalu, Nadya Baharudin (SMA 5 Makasar) juga meraih emas di Kata perorangan. Sementara perak dipersembahkan Gaby Dara Ayu (SMAN 4 Sidoarjo) di kelas Kumite, dan perunggu dipersembahkan dari kelas Kumite oleh Muhammad Naufal (SMA 67 Jakarta) dan Annisa Nabila Rezki (SMA 1 PKL Riau).

Kasubdit Peserta Didik SMA Kemendikbud, Suharlan mengatakan, kejuaraan karate ini terbilang elit sebab diikuti oleh 87 tim dari 19 negara Eropa, Asia dan Afrika. Dia menjelaskan, pemerintah sangat bangga atas keberhasilan tim sebab mereka mampu tampil perkasa dan bisa menerobos jajaran puncak dengan mengalahkan pelajar dari belahan dunia lain.

“Meski harus melawan suhu 4 derajat namun semangat juang mereka sangat tinggi. Mereka mampu meraih banyak medali dan mengibarkan bendera Merah Putih diantara negara lain,” katanya saat penjemputan tim di Bandara Soekarno Hatta.

Dia menjelaskan, karateka yang dikirim ke Belgia merupakan seleksi dari Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN). Meski menghadapi karateka lain yang posturnya lebih tinggi, mereka tidak gentar. Hasilnya tim karate pelajar SMA Indonesia secara keseluruhan menempatkan Indonesia di klasemen empat perolehan medali. Urutan pertama ditempati Belgia, lalu diikuti Prancis, Jerman, Indonesia, Belanda, Luxemburg, Iran, Inggris, Polandia dan Portugal.

“Hasil ini membuktikan Indonesia selalu diperhitungkan di mata internasional. Ke depan kita harap bisa mengirim lebih banyak kelas karate di tingkat internasional. Sebab semangat juang anak didik sangat tinggi,” harapnya.

Direktur Pembinaan SMA Kemendikbud, Purwadi Sutanto mengatakan, pemerintah akan terus melakukan pembinaan untuk masa depan karateka pelajar ini. Penjaringan karateka mulai dari O2SN hingga meraih kemenangan di gala internasional ini sangat membantu PB Forki. “PB sangat terbantu sekali. Mereka tinggal ambil dan seleksi saja asset bangsa berharga ini,” jelasnya.

Sementara, peraih emas Nadya Baharuddin mengaku saingan terberat ialah dari karateka tuan rumah Belgia, serta Prancis dan Belanda. Nadya mengungkapkan, keunggulan mereka adalah dari tenaga yang sangat kuat. Namun, Nadya memiliki trik sehingga bisa menang yakni harus bisa menguasai irama gerakan yang cantik sehingga di kelas Kata pun akhirnya dia meraih emas.

Nadya mengaku suka karate karena melihat piala-piala ayahnya yang kerap menang di kejuaraan karate. Hingga dia pun menekuni olahraga beladiri itu sejak kelas sekolah dasar.

Nadya mengaku ini bukan kejuaraan internasional pertamanya. Gadis berambut panjang ini pernah menang di kejuaraan karate Asia, Vietnam Open, Malaysia Open dan Thailand Open. “Kejuaraan yang paling berkesan itu yang di Asia sebab pertama kalinya saya juara. Lalu di Belgia ini karena ada banyak karate Eropa yang ikut,” kata gadis yang bercita-cita menjadi Polwan ini.

(nug)
Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita KONI Depok

More in Berita KONI Depok

SAH! Silem Serang Terpilih sebagai Ketua Pertina Kota Depok

admin15 January 2024

Rapat Kerja KONI Kota Depok 2023: Kolaborasi dan Komitmen Tingkatkan Prestasi

admin24 November 2023

40 Negara Unjuk Kebolehan di Biathle Triathle World Championship

Tray3 November 2023

Tingkatkan Performa Atlet, Koni Gelar Workshop Pelatih Fisik

Tray16 September 2023

Usaha Tidak Menghianati Hasil

Tray23 August 2023

Liga Sepakbola Remaja FSSKD U14 dan U16 Resmi di Tutup

Tray29 July 2023

Hj.Citra Indah Yulianti, S.T., M.H. Dilantik sebagai Ketua Pergatsi Kota Depok Periode 2023-2027

admin24 July 2023

Raih Posisi 5 Besar di Kejurda, PERCASI Depok Bawa Pulang 9 Medali

admin23 June 2023

PERCASI Depok Lepas 26 Atlet Menuju Kejurda Jabar 2023

admin23 June 2023

Copyright © 2014 KONI Kota Depok.