some text
Berita KONI Depok

KONI Jabar Bakal Gunakan Sistem Baru Untuk Tentukan Tuan Rumah Porda XIV

KONI Jabar Bakal Gunakan Sistem Baru Untuk Tentukan Tuan Rumah Porda XIV
Print Friendly, PDF & Email

Logo KONI JabarKONI Kota Depok, 11 Juli 2018 – Untuk menentukan tuan rumah Pekan Olahraga Daerah (Porda) XIV tahun 2022 mendatang, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jawa Barat akan mengaplikasikan sistem pemilihan yang di konsep oleh guru besar FPOK UPI, Prof Rusli Rutan.

Seperti diketahui, sejak beberapa waktu yang lalu, KONI Provinsi Jawa Barat memiliki keinginan untuk membuat Porda menjadi lebih baik, salah satunya dengan menggelar Porda lebih dari satu daerah (tuan rumah).

“Pertama dasarnya adalah intruksi dari Ketua KONI Jawa Barat, yakni bapak Ahmad Saefudin yang telah menugaskan pada jajaran dimana jika kita lihat dari payung hukum, ADART KONI dan Peraturan Pemerintah, sangat memungkinkan untuk melakukan pembaharuan sistem dalam rangka menetapkan tuan rumah Porda XIV tahun 2022 setelah Kabupaten Bogor,” ungkap Wakil Ketua I Bidang Organinasi KONI Jabar M. Budiana di Gedung KONI Jawa Barat, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Selasa (10/7/2018).

Lebih lanjut, untuk menentukan tuan rumah, pihaknya mengaku sudah menetapkan sebuah konsep penjaringan (borang) melalui website (online) kepada para calon tuan rumah.

“Banyak konsep yang sudah ditungkan oleh Prof Rusli dan di share kepada pimpinan KONI serta pengurus lainnya. Sejak kemarin sudah final konsepnya dalam bentuk borang, oleh karena itu nanti semua akan kami sampaikan melalui online kepada para calon tuan rumah yang pada tempo hari telah mengajukan,” katanya.

Adapun kota/kabupaten yang telah mengajukan menjadi tuan rumah Porda XIV Jawa Barat tahun 2022 sementara ininadalah Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kabupaten Subang, dan Kota Tasikmalaya.

“Ketiga daerah yang sudah mengajukan sebelumnya kepada KONI Jawa Barat diantaranya KBB, Kabupaten Subang dan Kota Tasik. Ketiga daerah ini akan diberikan daftar isian atau borang, tidak hanya KONI daerahnya saja tapi Kepala Daerah, Dispora lalu BAPPEDA tiap daerah pengaju, terakhir baru KONI kabupaten dan kotanya,” jelasnya.

Setelah semua proses itu selesai, Budiana menjelaskan akan memperkuat penilaian melalui kunjungan (visitasi) kesetiap calon tuan rumah Porda. Ia mengaku akan menerjunkan tim khusus untuk melihat kesiapan dari tiap calon daerah tuan rumah.

“Setelah borang selesai, mekanisme selanjutnya nanti akan diperkuat oleh Prof. Ruslu, dan tim berikutnya akan memeriksa hasil tim pertama, jadi penentuannya ada di borang, visitasi, terakglhir diserahkan kepada pimpinan untuk dilaporkan dan ditetapkan pada rapat pleno KONI Jabar semerti pada amanat pengambilan keputusan,” jelasnya.

Ia menambahkan, dengan menggunakan sistem penetapan tuan rumah Porda XIV, KONI Jawa Barat telah menjadi KONI pertama yang menggunakan sistem tersebut. “Menariknya ini adalah sistem penjaringan calon tuan tumah Porda pertama dan baru terjadi di lingkungan KONI Republik Indonesia, kami akan secara faktual dan melihat kondisi existing dari para calon tuan rumah, penialaian, justifikasi akan ditetapkan di rapat pleno,” ungkapnya.

Guru Besar FPOK UPI, Prof. Rusli Rutan menambahkan, beberapa komponen yang akan ia perhatikan untuk menentukan tuan rumah Porda XIV adalah, kemampuan managemen secara umum, pengelolaan organisasi olahraga prestasinya, kemampuan managemen pasca Porda, integritas pengusulan dan kebijakan tiap darerah.

“Semua harus terpenuhi, apa lagi ada beberapa hal yang jarang diperhatikan seperti managemen pasca Porda, itu penting untuk mendorong centra pembinaan atlet,” pungkasnya.

Sumber: http://www.galamedianews.com/sport/192840/koni-jabar-bakal-gunakan-sistem-baru-untuk-tentukan-tuan-rumah-porda-xiv.html

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita KONI Depok

More in Berita KONI Depok

Optimis Raih 3 Besar, Percasi Raih Berbagai Prestasi Menuju Kejurda 2024

admin6 May 2024

SAH! Silem Serang Terpilih sebagai Ketua Pertina Kota Depok

admin15 January 2024

Rapat Kerja KONI Kota Depok 2023: Kolaborasi dan Komitmen Tingkatkan Prestasi

admin24 November 2023

40 Negara Unjuk Kebolehan di Biathle Triathle World Championship

Tray3 November 2023

Tingkatkan Performa Atlet, Koni Gelar Workshop Pelatih Fisik

Tray16 September 2023

Usaha Tidak Menghianati Hasil

Tray23 August 2023

Liga Sepakbola Remaja FSSKD U14 dan U16 Resmi di Tutup

Tray29 July 2023

Hj.Citra Indah Yulianti, S.T., M.H. Dilantik sebagai Ketua Pergatsi Kota Depok Periode 2023-2027

admin24 July 2023

Raih Posisi 5 Besar di Kejurda, PERCASI Depok Bawa Pulang 9 Medali

admin23 June 2023

Copyright © 2014 KONI Kota Depok.