some text
Berita KONI Depok

Jika Terjadi Masalah Saat Test Event Asian Games 2018, Ini yang Akan Dilakukan Inasgoc

Jika Terjadi Masalah Saat Test Event Asian Games 2018, Ini yang Akan Dilakukan Inasgoc

downloadKONI KOTA DEPOK – Panitia Pelaksana Asian Games 2018 (Inasgoc) kan mengujicoba prosedur penanggulangan potensi timbulnya masalah pada area sensitif, seperti di venue pertandingan, wisma atlet, pusat akreditasi, transportasi, hingga bandara dalam test event yang akan berlangsung pada 8-18 Februari 2018 di Jakarta. Uji coba tersebut akan dilakukan dengan memberdayakan Ruang Kendali Operasional, sehingga nantinya setiap masalah yang muncul bisa langsung terlihat dan segera ditanggulangi.

“Ruang kendali operasional Inasgoc ini memantau semua kegiatan penyelenggaraan melalui kamera yang terpasang di semua lokasi strategis terutama area sensitif, lalu jaringan data atlet, oficial, maupun sukarelawan, manajemen lalu-lintas, cuaca, analisa media sosial, jam dunia, hingga armada kontingen. Harapannya bila ada persoalan bisa terselesaikan dalam waktu satu jam dan maksimal dua jam bila masalahnya sudah menyangkut kawasan,” kata Direktur Teknologi Informasi dan Komunikasi INASGOC, Edi Prabowo saat peresmian Ruang Kendali Operasional, di Sekretariat Inasgoc, Gd. Serba Guna Senayan Jakarta, Rabu 31 Januari 2018 malam.

Menurutnya, sistem penanggulangan potensi masalah yang muncul di lapangan ini akan dicoba pada test event nanti. Misalnya, bagaimana menanggulangi persoalan soal pengaturan armada transportasi untuk atlet dan oficial tim dari wisma atlet menuju venue pertandingan, bagaimana menanggulangi sistem lalu lintas agar terhindar dari kemacetan dan telat sampai di venue, hingga penanganan katering.

“Misalnya untuk sistem lalu lintas, kami dari pusat akan membantu dari ruang kendali lewat atlet pantau lokasi bus atlet. Hingga akan ketahuan nanti bila ada potensi persoalan lalu lintas, hingga kami pun bisa memberikan arahan untuk mengambil rute alternatif,” ucap Edi.

Bila masalah tidak dalam diselesaikan dari ruang kontrol dalam waktu maksimal dua jam, maka menurutnya pihaknya akan langsung turun ke lapangan. Untuk menanganan langsung di lapangan, menurutnya, Inasgoc juga bekerjasama dengan Traffic Management Center (TMC) Polri.

Test event sepakbola

Sementara itu, Ketua Inasgoc Erick memastikan test event Asian Games tetap akan berjalan dengan 8 cabang, termasuk sepak bola. Namun, jadwal penyelenggaraan test event sepak bola akan berada di luar jadwal test event yang telah ditetapkan Inasgoc, yakni 8-18 Februari.

Pihak PSSI, lewat Manajer Media dan Digital Promotion PSSI, Gatot Widakdo menampik kabar jika test event sepak bola batal. Menurutnya sudah ada kesepakatan antara PSSI dengan Erick. Namun memang, meski masuk dalam 8 cabang wajib test event, pelaksanaan test event sepak bola ini dipastikannya akan berada di luar jadwal Inasgoc.

“Jadi, kita sudah berkomunikasi dengan Ketua Inasgoc. Berbeda dengan pernyataan Sekjen Inasgoc yang menyatakan sepakbola batal. Medio waktunya sekitar April, akan ada 4 tim nantinya. Karena di luar jadwal Inasgoc, maka penyelenggaraannya akan berjalan mandiri. Kita akan pergunakan dua stadion yang diperuntukan guna Asian Games. Tapi stadionnya apa, kita masih menunggu kepastian selesainya renovasi stadionnya,” ujar Erick.

Seperti yang diketahui, awalnya ada tiga stadion yang akan dipergunakan untuk penyelenggaraan test event sepakbola, yakni Wibawa Mukti Cikarang, Patriot Bekasi, dan Pakansari Cibinong. ***

Sumber: http://www.pikiran-rakyat.com/olah-raga/2018/02/01/jika-terjadi-masalah-saat-test-event-asian-games-2018-ini-yang-akan-dilakukan

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita KONI Depok

More in Berita KONI Depok

Depok Jadi Tuan Rumah BK Bola Voli PORPROV XIV Jawa Barat

Tray24 March 2021

Amri Titip 2 Emas, Calon Ketua Percasi 3 Emas

Tray28 December 2020

Peringkat 10 Besar Jadi Komitmen Bersama di Rapat Anggota KONI Kota Depok

Tray19 December 2020

Ketua Umum KONI Kota Depok Menghadiri Muscab PCI Kota Depok

admin17 October 2020

HUT Tentara Nasional Indonesia ke 75

admin5 October 2020

Selamat Memperingati Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020

admin1 October 2020

Pengukuhan Atlet & Pelatih Paket 22

Tray11 September 2020

Adaptasi Kebiasaan Baru PTMSI Silaturahmi Atlet Perprov dan Pecinta Tenis Meja

Tray29 August 2020

KONI Kota Depok Tutup Fasilitas Olahraga

admin26 March 2020

Copyright © 2014 KONI Kota Depok.