Siapkan Fisik dan Mental Anda Untuk Menghadapi PORDA 2018 di Kabupaten Bogor | Jerih Payah dan Latihan Kerasmu Akan Kamu Petik Hasilnya Saat Berlaga Nanti, | Kejar Anganmu Untuk Prestasi tertinggi..... Selamat Berlatih dan Bertanding Atlet Kota Depok. "Ketua Umum KONI Depok"

Berita KONI Depok

Mengenal Rumput Lapangan Sepakbola

Mengenal Rumput Lapangan Sepakbola

zoisya-matrellarumput-lapngan-bolarumput-gajah_l-1372-3555KONI Kota Depok –¬†Sepakbola lebih banyak dimainkan di atas lapangan rumput. Berbicara soal tumput pada lapangan sepakbola, terdapat beberapa rumput yang bisa digunakan.

Rumput adalah tanaman monokotil yang termasuk dalam famili Poaceae (biasanya disebut Graminae). Bagian tubuh rumput terdiri atas batang, daun dan organ reproduktif, serta bagian bawah yang berupa akar. Daun rumput terbagi menjadi dua yaitu Blade dan Sheath.
Kedua bagian itu terhubung oleh sebuah jaringan meristem atau jaringan yang menjadi awal dari pertumbuhan sehelai rumput. Berbeda dengan tanaman lain yang memiliki jaringan meristem di bagian pucuk daun, rumput memiliki jaringan meristem bawah. Inilah yang menyebabkan rumput sangat toleransi terhadap tekanan injakan dan pemangkasan. Jaringan meristem yang berada di bawah, membuat rumput akan tumbuh kembali meski terpotong atau terinjak.
Secara bentuk arsitektural, rumput memiliki enam jenis. Namun hanya ada 3 jenis rumput yang cocok untuk dipakai untuk lapangan sepakbola. Ketiga jenis rumput tersebut yaitu Zoysia matrella (ZM), Cynodon dactylon (CD) dan Axonopus compressus (AC). Tiga jenis rumput ini memiliki kualitas fungsional untuk menjadi rumput lapangan sepakbola seperti rigiditas (kerapatan), elastisitas, mampu menahan beban, mampu memulihkan diri, dan perakaran yang kuat.
Ketiga jenis rumput ini pun memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Rumput jenis ZM, biasa disebut rumput manila. Rumput ini merupakan jenis rumput yang paling baik untuk digunakan sebagai rumput lapangan sepakbola. Rumput jenis ini memiliki warna hijau yang paling pekat diantara dua jenis lain. Tingkat elistisitas (berhubungan dengan bola bergelinding) juga sangat baik. Tekstur rumput dengan daun yang runcing dan rigiditas yang rapat memastikan bahwa rumput aman terkena sepul sepatu.
Kekuatan akar rumput ini juga sangat baik. Namun, agar tetap dalam kualitas yang baik, rumput ZM membutuhkan pengelolaan tingkat tinggi. Perawatan yang dilakukan kepada lapangan yang menggunakan rumput ini akan lebih sulit dan membutuhkan biaya mahal. Selain itu harga rumput ini pun lebih mahal. Harga di pasaran saat ini di kisaran Rp 80 ribu per meter persegi.
Rumput jenis CD, biasa disebut rumput bermuda. Kualitasnya hampir sama dengan ZM, namun kekuatan akar rumput CD tidak sekuat rumput ZM. Akar rumput CD akan mudah terkelupas ketika terinjak-injak pemain. Karena itulah rumput ini lebih banyak digunakan pada lapangan golf.
Dari segi warna, Rumput CD tidak memiliki warna hijau sepekat ZM. Namun masuk cukup terlihat hijauh ketika terhampar di lapangan luas. Perawatan yang dibutuhkan untuk rumput ini juga cukup tinggi, meski tidak semahal ZM. Harga di pasaran pun sedikit lebih murah dari ZM, kurang lebih rumput ini bisa kita temukan dengan harga sekitar Rp 60 ribu per meter persegi.
Terakhir rumput jenis AC, atau sering disebut dengan rumput gajah. Rumput ini sering ditemukan di taman atau alun-alun. Rumput ini memiliki perakaran yang baik. Namun bentuk daunnya lebih lebar jika dibandingkan dengan dua jenis sebelumnya. Hal ini akan menyebabkan rumput menjadi lebih mudah rusak karena terkena pul sepatu.
Warna rumput ini memiliki tingkat kehijauan yang baik. Namun jika perawatan yang dilakukan buruk, warna rumput ini bisa berubah menjadi pucat dan kekuningan. Bentuk daun yang lebar juga menyebabkan elastisitas rumput ini kurang baik. Artinya, pergerakan bola di atas lapangan ini akan tidak sebaik di atas dua jenis rumput sebelumnya.
Harga rumput ini cenderung lebih murah dari yang lain. Kurang lebih rumput ini biasa dijual dengan harga Rp 35 ribu per meter persegi. Biaya pengelolaan rumput ini pun tidak terlalu mahal. Karena itulah, sebagian besar lapangan sepakbola di Indonesia menggunakan rumput jenis ini.
Kode Penulis
Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita KONI Depok

More in Berita KONI Depok

IMG-20181028-WA0008

FORKI Depok Juara Umum Series 2 Senkaido Open

admin28 October 2018
Perak Sepak takraw

Takraw Ucapkan Maaf Karena Tidak Sampai Target Medali

admin16 October 2018
IMG-20181015-WA0014

Ceria, Kontingen Depok Lampaui Target

admin15 October 2018
Coach Dwi sedang memberikan arahan kepada atlet agar tetap fokus

Atletik Ucapkan Terima kasih Atas Dukungan KONI Dan Pemerintah

admin15 October 2018
Tim Gateball merayakan kemenangan usai meraih medali emas dan perunggu

Depok Bertahan di Peringkat 13

admin15 October 2018
Anton Rimardo Peraih 2 medali perak Atletik di nomor  800m dan 1500m putra ajang Porda XIII Jabar 2018

Anton Awalnya Coba-Coba, Akhirnya Ukir Prestasi di Atletik

admin15 October 2018
IMG_20181014_233550.JPG

Buah Pikiran Pengurus Biliar Kota Depok

admin14 October 2018
Ketua Pabbsi Kota Depok Saat menonton lansung pertandingan binaraga di Gedung kesenian Pemkab Bogor Jawa Barat

Binaraga Koleksi Medali Perak Dan Perunggu

admin14 October 2018
FRQ11641

Terlilit Cedera, Rian Terhenti di Final

admin14 October 2018

Copyright © 2014 Top News Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.