Berita KONI Depok

KONI Jabar Sambut Baik Wacana PON Dua Tahunan

KONI Jabar Sambut Baik Wacana PON Dua Tahunan

maskot ponKONI Kota Depok (BANDUNG) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat, menyambut baik wacana Kemenpora yang akan menyelenggarakan Pekan Olahraga Nasional (PON) dari empat tahun menjadi dua tahun sekali.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi KONI Jabar, Yunyun Yudiana mengatakan, dari hasil kajian yang melibatkan para akademisi keolahragaan mulai guru besar dari berbagai perguruan tinggi dan analis keolahragaan, disepakati bahwa penyelenggaraan PON dua tahun sekali tidak akan menjadi sebuah permasalahan. Kajian dilakukan pada acara workshop Pembahasan Draft Peraturan Menteri Pemuda dan Olah Raga, tanggal 14-18 Juni, di Semarang.

Dia menuturkan, dalam peraturan dan undang-undang yang ada pun tidak tertera bahwa PON harus dilaksanakan berapa tahun sekali. Namun, tertulis bahwa ajang olah raga multievent nasional tersebut harus digelar secara rutin.

Dari hasil kajian yang telah dilakukan, Menpora pun tadinya berkeinginan jika pelaksanaan PON dua tahun sekali ini mulai diadakan pada tahun 2018. Namun, dari kajian ini, tidak mungkin PON dialksanakan pada tahun tersebut karena dari segi periodisasi latihan atlet, performa atlet, dan konteks lainnya yang tidak mendukung.

“Tahun 2018 kan atlet nasional sedang menyiapkan diri untuk mengikti Asian Games, begitu juga ada beberapa provinsi yang akan mengadakan Porprov. Selain itu  juga ada 217 kota dan kabupaten yang akan mengadakan Pilkada,” katanya di Gedung KONI Jabar, Jalan Pajajaran.

Yunyun mengatakan, idealnya penyelenggaran PON dua tahunan tersebut sebaiknya dilakukan setelah PON 2020 di Papua atau tepatnya mulai tahun 2022 mendatang. Selain itu pada PON dua tahunan ini pun akan diadakan di dua provinsi pada setiap penyelenggaraanya.

“Dari berbagai aspek 2018 sangat padat dan cukup berat. Dari mulai persiapan para atlet karena akan dihadapkan Asian Games, terus ada Pilkada. Dari sisi periodenisasi, para provinsi mempersiapkan Porprov. Anggaran juga kan kalau mau 2018, usulannya harus dari 2017. Sehingga kemungkinan bisa terlaksana pada 2022,” ujarnya.

Menurut dia, sudah sepantasnya PON digelar dua tahun sekali. Kemungkinan banyak keuntungan yang akan diambil, salah satunya regenerasi atlet semakin jauh lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Kode Penulis

Click to add a comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Berita KONI Depok

More in Berita KONI Depok

PBVSI Sosialisasi Klub se-Kota Depok

admin26 November 2019

Atlet Nasional Agus Harap Depok 10K Lahirkan Atlet Lari Nasional

Tray10 November 2019

KONI Kota Depok Siap Gelar Depok Run 10K Secara Rutin

admin10 November 2019

Ketua KONI Buka Acara Muscab Perpani

Tray27 October 2019

Amri Ungkap Sejarah di Muscab Perpani Kota Depok

Tray27 October 2019

DOD Buka Wawasan Pembinaan Olahraga Berkesinambungan

Tray26 October 2019

Ketua KONI Kota Depok Berikan Motivasi diacara Forki Depok Cup 4

admin19 October 2019

Amri Tegaskan Peran Fisioterapis Sangat Penting Bagi Atlet

admin13 October 2019

IPSI Kota Depok Adakan Penataran Pelatih

admin12 October 2019

Copyright © 2014 Top News Theme. Theme by MVP Themes, powered by Wordpress.